ANALISA SWOT & CONTOH MERK PRODUK SERTA MERK PEMBUNUHNYA

ANALISA “SWOT” KAMPUS DI BATAM DIBANDING DENGAN LUAR BATAM.

SWOT adalah kepanjangan dari STRENGTH, WEACKNESS, OPORTUNITY, TREATMENT.

STRENGTH adalah Kekuatan
WEAKNESS adalah Kelemahan
OPPORTUNITY adalah Kesempatan
TREATMENT adalah Ancaman.

Kekuatan kampus di batam dibanding dengan kampus diluar batam.

Batam adalah kota industri sehingga banyak perusahaan yang menanamkan investasi dan menjadikan kota ini sebagai pusat perusahaanya. Seiring dengan perkembangan zaman tak kurang dari ratusan perusahaan nasional dan perusahaan internasional dengan berbagai bidang usaha yang mendirikan perusahanya dikota ini.
Semakin banyaknya perusahaan juga semakin banyak tenaga kerja yang terserap ke dunia industri. Seiring dengan perkembangan teknologi maka diperlukan tenaga kerja yang profesional dan berpendidikan tinggi. Pendidikan tinggi formal hanya ada di kampus. Dengan kata lain kampus di batam sangatlah diperlukan.

Beberapa contoh kekuatan kampus di batam dibanding diluar batam adalah sebagai berikut:

a. Di batam persaingan tenaga kerja semakin ketat sehingga mengharuskan tenaga kerja untuk belajar di perguruan tinggi. Dengan kata lain kampus di batam banyak pelangganya yaitu mahasiswa.
b. Mata kuliah yang di ajarkan langsung mengacu kepada dunia industri sehingga begitu lulus langsung bisa terserap ke dunia kerja.
c. Semakin banyaknya perusahaan semakin mudah bagi mahasiswa untuk mencari tempat praktek kerja lapangan dan melakukan study kasus.
d. Batam berpenduduk padat sehingga semakin banyak pula calon mahasiswa.
e. Hanya kampus di batam ini saja yang bisa bekerja sambil kuliah, sehingga bagi mahasiswa yang sibuk bekerja tidak perlu susah payah kuliah di luar batam.
f. Banyak dosen yang sudah berpengalaman di dunia kerja.

Kelemahan kampus di batam dibanding kampus diluar batam :

a. Mahasiswa dan dosennya disamping aktif di kampus juga bekerja sehingga sering kali tidak bisa hadir di kampus sehingga akan menghambat proses belajar mengajar.
b. Mahasiswa dan dosen tidak banyak mempunyai waktu untuk belajar karena minimal 8 jam sehari mereka harus bekerja.
c. Tidak tersedianya fasilitas yang memadai seperti perpustakaan dan sedikitnya buku-buku yang berkaitan dengan teknologi di banding kota lain.
d. Batam dekat dengan Malaysia dan Singapura sehingga akan menghadapai persaingan yang sangat ketat khusunya di dunia pendidikan. Cukup banyak mahasiswa yang memilih kuliah di luar negeri dengan alasan kualitas.
e. Ada beberapa kampus yang hanya formalitas saja sehingga melenceng dari tujuan semula yaitu kampus yang sebenarnya sebagai lembaga untuk menutut ilmu dan penelitaian hanya sebagai tempat untuk memperoleh gelar saja. Dengan kata lain banyak kemungkinan oknum yang memanfaatkan kampus sebagai jalan pintas untuk memperolah gelar tanpa harus bersusah payah.
f. Kebanyakan kuliah hanya dilakukan pada malam hari sehingga kalau tidak dilengkapi dengan penerangan dan fasilitas kegiatan belajar mengajar yang memadai tidak akan diperoleh hasil yang maksimal.
g. Sebagian dosen dan mahasiswa juka pekerja sehingga dalam keadaan lelah setelah bekerja akan sulit berkonsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
h. Tidak banyak mahasiswa yang tertarik untuk melakukan kegiatan exstrakurikuler karena terbatasnya waktu.

C. Kesempatan kampus di batam.
a. Batam berpenduduk padat sehingga banyak calon mahasiswa.
b. Batam dekat dengan luar negeri sehingga memudahkan proses alih teknologi dari kampus luar negeri.
c. Karena kedekatanya dengan singapura dan malaysia sangat mungkin untuk dilakuakan pertukaran pelajar atau mahasiswa.
d. Batam kota besar sehingga banyak kemudahan teknilogi untuk masuk ke kampus khususnya lewat internet.
e. Kampus di batam dekat dengan dunia industri sehingga lulusanya akan cepat terserap ke lapangan kerja sehingga menarik mahasiswa untuk kuliah di batam
.
D. Ancaman kampus di batam.
a. Kalah di dalam persaingan dengan kampus di luar negeri.
b. Banyak dimanfaatkan oleh oknum yang ingin jalan pintas yang hanya ingin mandapatkan gelar tanpa kuliah dan bahkan banyak oknum yang rela membayar tinggi hanya untuk memperoleh gelar atau lebih ngetrenya “mahasiswa siluman”.
c. Karena terbatasnya waktu tidak akan di peroleh proses belajar mengajar yang memadai sehingga di khawatirkan banyak lulusan kampus di batam yang lulus karena karbitan (matang sebelum waktunya) sehingga akan kalah bersaing dengan kampus lain.

CONTOH MERK PRODUK DAN PRODUK PEMBUNUHNYA
.
Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat. Seiring dengan itu semakin banyak produk-produk yang di tawarkan kepada konsumen dengan berbagai keunggulanya masing-masing. Demi menggaet konsumen tak jarang para produsen melakukan riset dan percobaan demi tercapainya produk yang bisa bersaing di pasaran. Tak jarang suatu perusahaan gulung tikar karena kalah bersaing tapi banyak juga perusahaan yang semakin maju dikarenakan selalu mengikuti perkembangan teknologi.
Sebagai satu contoh adalah persaingan dibidang otomotif khususnya sepeda motor. Perusahaan yang telah puluhan tahun menguasai pasaran sepeda motor di kawasan asia yaitu ada tiga perusahaan jepang yang besar yaitu Honda, Yamaha dan Suzuki. Tiga perusahaan ini tak henti-hentinya melakukan inovasi yang disertai teknologi yang canggih bahkan hampir setiap setengah tahun perusahaan tersebut mengeluarkan produk andalanya. Merk-merk produk masing masing perusahaan tersebut antara lain :
a. Merk-Merk Produk Honda kelas bebek:
Honda Astrea star (1988), Honda Astrea prima (1989-1994),
Supra X, Supra Z, Supra XX, Honda Kharisma 125 (2004), Honda Kharisma 125D, Kharisma 125DX, Dan yang terakhir Supra Fit, Supra X 125 dengan sistem injection (pengataran pemasukan bahan bakar ke silinder lebih teratur dan yang baru di rilis adalah Vario.
b. Merk Produk Yamaha Kelas Bebek :
Yamaha Alfa, Alfa 2, Alfa 2 R, Yamaha crypton, Vega, Vega R, Yamaha Yupiter, Yupiter MX ( dilengkapi radiator), dan yang terakhir Yamaha MIO untuk para wanita.
c. Merk Produk Suzuki Kelas bebek:
Suzuki RC 100, Suzuki Tornado, Suzuki Shogun, Shogun 125, Smash (Sigesit Irit),
Kalau kita perhatikan secara seksama satu sama lain memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing akan tetapi. Ada kesamaan yaitu kecenderungan untuk mengeluarkan produk dengan konsumsi bahan bakar yang seirit mungkin tetapi dengan tenaga dan kecepatan semaksimal mungkin. Juga kecenderungan produk yang ramah lingkungan yaitu peralitahan dari teknologi 2 tak menjadi 4 tak yang tidak memerlukan oli samping.
Masing-masing perusahaan mengeluarkan produk tandingan/pembunuh agar para pelanggan tidak beralih ke produk lain ini sangat terlihat pada akhir-akhir ini seperti di iklan televisi mereka berlomba mempromosikan produknya dengan bantuan artis terkenal untuk menarik pelanggan.
Bisa kita lihat persaingan ketat denagan tabel di bawah ini ;
Perusahaan Produk jenis skuter Keunggulan
Yamaha Yamaha MIO Memiliki bagasi, tanpa rantai, cocok untuk para wanita, suara mesin lebih halus, Ramah lingkungan.
Suzuki Suzuki Spin 125 Memiliki bagasi, tanpa rantai, cocok untuk para wanita, harga lebih terjangkau.
Honda Honda Vario Memiliki bagasi, tanpa rantai, cocok untuk para wanita, Ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Kesimpulan.
Agar suatu perusahaan tetap bisa bertahan harus bisa mempertahankan pelanggan dengan cara mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan banyak pilihan warna dan gaya. Dan tidak kalah pentingnya adalah dengan berbagai kemudahan kemudahan untuk membelinya. Dewasa ini sudah banyak lembaga pembiayaan yang telah bekerja sama dengan perusahaan tersebut sehingga hanya dengan uang beberapa ratus ribu saja konsumen sudah bisa memiliki sepeda motor. Dan perusahaan tidak akan bisa tinggal diam karena semakin maju teknologi semakin banyak juga perusahaan yang berusaha mengeluarkan produk murah guna membunuh produk merk lain. Dan inilah yang disebut persaingan bisnis yang tak akan berhenti sampai akhir jaman.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s